Psikolog Kepri Dr. H. Irfan Aulia: Mengajarkan Pentingnya Kesehatan Mental di SMPIT Al Madinah


TANJUNGPINANG – Psikolog Kepri Dr H. Irfan Aulia, M.Psi memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan mental pelajar dalam menghadapi masa depan dan tantangan zaman digital saat ini. Kegiatan edukasi diselenggarakan SMPIT Al Madinah pada Kamis (16/11/2023) Pagi.

“Pagi ini alhamdulillah bisa bersama pelajar SMPIT Al Madinah, menghadapi tantangan dan tekanan psikis atau mental di sekolah dan di rumah adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, artinya menjaga kesehatan mental itu juga sangat penting selain menjaga kesehatan fisik,” kata Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi.

Menurutnya kesehatan mental merupakan kondisi keberlanjutan emosional, psikologis, dan sosial yang baik, di mana seseorang mampu mengelola stres, berinteraksi secara produktif dengan lingkungannya, dan meraih potensinya. Ini mencakup keseimbangan emosional, kemampuan mengatasi tantangan, dan hubungan yang sehat dengan orang lain.


“Kesehatan mental yang baik sangat penting bagi pelajar karena dapat memengaruhi konsentrasi, motivasi belajar, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kesehatan mental yang terjaga membantu meningkatkan kemampuan belajar dan menghadapi tekanan akademis dengan lebih baik,” kata ayah empat anak ini.

Menurutnya dalam psikilogi pendidikan penting juga membangun sinergi antara sekolah, orangtua dan lingkungan dalam rangka membangun kesehatan mental anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *