Bantu Pembangunan Tower BTS, Telkomsel Berkomitmen di Kabupaten Kepulauan Anambas

Anambas, PuanKepri.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas terus menggalakkan percepatan perluasan konektivitas di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal ini sebagai upaya mendukung pemanfaatan program strategis nasional tulang punggung kabel serat optik Palapa Ring Barat. (29/04)

Upaya tersebut tentunya tak lepas dari misi pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan Perbatasan. Sesuai dengan misi kepala daerah, yaitu ‘Membangun Konektivitas (Trasportasi dan Telekomunikasi) Wilayah dan Sistem Logistik Daerah yang Handal’ yang terdiri dari:

1. Upaya mewujudkan percepatan peningkatan dan perluasan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

2. Mewujudkan pemerataan dan perluasan akses internet bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, perikanan, pedagangan (UMKM, marketplace, platform digital, dan lain-lain), serta pemerintahan kecamatan dan desa.

3. Upaya mempercepat kebutuhan akses internet untuk masyarakat Kepulauan Anambas.

Adapun tujuan dari pembangunan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan perbatasan, yaitu agar tersediaan layanan komunikasi dari voice hingga broadband sampai ke seluruh desa.

Kemudian, terjadi efisiensi investasi yang akan mendorong tarif telekomunikasi semakin murah.

Tak hanya itu, diharapkan juga dapat mendukung terjadinya percepatan pembangunan di sektor lainnya seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, perikanan, perdagangan, dan lain-lain.

Keberadaan aplikasi seperti distance learning, telemedicine, e-government, dan aplikasi lainnya juga diharapkan dapat diimplementasikan hingga ke kecamatan dan desa.

Sumber Informasi : INews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *