Ramlah: Waspada Terhadap Perubahan Iklim…

BINTAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan Ramlah, menghimbau kepada nelayan di Kabupaten Bintan untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca akhir-akhir ini di perairan Bintan.

Himbauan dan pesan tersebut disampaikan Ramlah, melalui pantauan BMKG dengan potensi cuaca periode tanggal 28 Januari-2 February 2023 yang diprediksi berpotensi hujan, sedang dan lebat akan terus terjadi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Kabupaten Bintan.

Ramlah mengatakan, kondisi awan yang gelap dapat meningkatkan pertumbuhan awan dengan kecepatan angin yang tinggi.

Hal tersebut, kata Ramlah, dapat memicu ketinggian gelombang laut, dan sangat berbahaya bagi nelayan jika melaut.

“Kita menghimbau kepada nelayan kita di Bintan untuk selalu waspada terhadap perubahan iklim sepekan ini,” ujar Ramlah.

Ramlah mengungkapkan, Ahad, 29 Januari 2023, Tim BPBD Bintan masih melakukan pendistribusian logistik terhadap warga terdampak banjir rob di Kecamatan Gunung Kijang.

Ramlah berpesan, dengan curah hujan yang tinggi, serta peningkatan debit air sungai dan saluran drainase sebagai indikator utama, jangan sampai terjadi penyumbatan yang akan nantinya terjadi genangan air, di wilayah pemukiman masyarakat.

“Dihimbau untuk selalu menjaga lingkungan, serta saluran drainase agar tidak terjadi penyumbatan,” pesan Ramlah.

“Intensitas hujan masih tinggi, kami berpesan, jika terjadi genangan air hingga banjir di wilayah pemukiman diharapkan untuk segera menyelamatkan barang-barang yang berharga. Dan segera melakukan evakuasi ke posko terdekat. kita berharap, masyarakat kita, baik-baik saja. Mari kita jadikan bencana ini bencana terakhir, untuk terus kita benahi dan jadikan pelajaran yang terbaik ke depannya,” ujar Ramlah(rls/d).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *