Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021

Kepulauan Riau, PuanKepri.com – Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Berdasarkan perhitungan Dapodik bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri, di luar guru yang  berstatus PNS yang saat ini mengajar, mencapai satu juta guru. Jumlah guru PNS yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 % (enam puluh persen) dari jumlah kebutuhan seharusnya. Hal ini menyebabkan kurangnya pelayanan yang optimal kepada peserta didik.

Oleh karena hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2021 mempunyai kebijakan untuk melakukan pemenuhan guru melalui seleksi pengadaan PPPK untuk JF Guru.

Seleksi kompetensi PPPK JF Guru ini bertujuan untuk menjalankan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2019-2024 sebagai salah satu visi Pemerintah Republik Indonesia berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan dalam mewujudkan tersedianya guru yang berdaya dan memberdayakan.

Maka Kemendikburistek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru Tahun Anggaran 2021.

Target dan sasaran Kegiatan Seleksi Kompetensi PPPK JF Guru Tahun 2021 adalah untuk Semua guru honorer dan lulusan PPG dan setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, pendaftar dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali di tahun yang sama atau di tahun berikutnya.

Seleksi Kompetensi PPPK JF Guru Tahap I Tahun 2021 diadakan pada tanggal 13 s.d 16 September 2021 di 7 kabupaten/kota yang tersebar pada 10 TUK (Tempat Uji Kompetensi).

Dana kegiatan ini bersumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang di salurkan melalui Bantuan Pemerintah ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *