KKA Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jadikan Pancasila Sebagai Pondasi

Anambas, PuanKepri.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) hadiri secara Virtual di Ruang Rapat lantai II Kantor Bupati Kepulauan Anambas. (ZOOM MEETING). Selasa (01/06)

Dalam peringatan tersebut, pemerintah KKA diwakilkan oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta.

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Meski Pancasila telah menyatu sepanjang NKRI ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi makin tidak ringan, Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo juga menghimbau agar seluruh masyarakat Indonesia menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ber ke-Indonesiaan.

Selain itu Presiden Joko Widodo juga mengajak Seluruh rakyat Indonesia harus bergerak aktif guna terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila, untuk mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

“Pada akhirnya saya mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita terus bumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di negara kita tercinta,” kata Presiden Joko Widodo saat mengakhiri amanahnya.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan naskah teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, pembacaan naskah UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, sedangkan pembacaan doa oleh Menko PMK Muhajir Efendi.

Penulis : Thafan Casper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *