Ketersediaan Solar Terkendala, Nelayan di Desa Dendun Mencari Solusi

BINTAN – Komunitas nelayan di Desa Dendun mengungkapkan memerlukan solar sebanyak lima ton ketika menghadapi musim ikan yang banyak di lautan. Hal ini diungkapkan salah seorang nelayan yang ada di Desa Dendun, Kabupaten Bintan kepada Fatmawati, S.Pd.I Ketua Komunitas Peduli Kampung Sendiri (KPKS) Bintan-Lingga yang juga  merupakan Caleg PKS untuk DPRD Kepri Dapil Bintan-Lingga baru-baru ini kepada wartawan.

“Baru-baru ini saya bersilaturahim ke komunitas-komunitas nelayan yang ada di Desa Dendun yang dikeluhkan mereka adalah saat musim ikan datang bulan Agustus, selalu saja solar kurang, kita butuhnya 5 ton, tapi yang dikasih negara hanya 1 ton,” kata Fatmawati, S.Pd.I.

Masyarakat nelayan menyampaikan persoalan ini serba dilematis, satu sisi dibatasi satu sisi kebutuhan nelayan akan solar tinggi saat musim ikan.

“Tentu pemerintah harus mencari jalan tengahnya dari persoalan ini,  namun jika kita mau berpikir solutif jangka panjang harus ada ruang untuk menggunakan energi  alternatif, kapal-kapal nelayan berbasis energi alternatif mungkin bisa jadi solusi,” tambah Fatmawati. 

Selain persoalan dimuka dia juga mengapresiasi jaminan asuransi nelayan selama ini. 

“Tadi saya cek ke beberapa nelayan mereka ada kartu asuransi jiwa, semoga ini bisa membantu nelayan kita karena nelayan inilah ujungtombak kita dalam memenuhi nutrisi atau asupan gizi ikan ke masyarakat Bintan dan Lingga,” tutup Fatmawati.`

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *