Rayakan Milangkala Ke 5, Paguyuban Pasundan Jawa Barat Tanjungpinang Gelar Lomba Masak

  • Share

TANJUNGPINANG – Dalam rangka merayakan Milangka ke 5, Paguyuban Pasundan Jawa Barat, Kota Tanjungpinang menggelar lomba masak masakan khas Sunda. Kegiatan tersebut digelar pada Minggu sore (20/02/2022). Serangkaian agenda tersebut dilaksanakan di Sekretariat Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang.

“Pada Milangkala Ke 5 ini, ada beberapa kegiatan yang kami laksanakan. Salah satunya adalah lomba masak khusus masakan sunda” tutur Arief Gunawan, Sekretaris Pengurus Paguyuban Pasundan Jawa Barat Kota Tanjungpinang yang juga merupakan Mayor aktif Angkatan Laut Lantamal IV Kota Tanjungpinang.

Lomba ini diikuti oleh kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 2 orang peserta. Yang tak kalah membuat meriah adalah lomba masak ini dipandu dan di nilai langsung oleh Chef Muhammad Syukri, Chef yang cukup popular di Kota Tanjungpinang yang telah memiliki berbagai prestasi dibidang kuliner dan tata boga.

Juara 1 Hingga 3 pada lomba masakan khas Sunda ini mendapatkan hadiah berupa Uang tunai dan piagam penghargaan sebagai bentuk pembinaan dari Paguyuban.

“Yang menjadi penilaian adalah jenis masakan, citarasa, penyajian dan kerapihan” tutur Mayor Arief mengulangi apa yang sempat disampaikan Chef Muhammad Syukri pada peserta.

Acara pada sore itu ditutup dengan khidmat sambil menyantap hidangan yang dibuat oleh peserta lomba.

Organisasi Paguyuban Pasundan ini merupakan etnis Sunda yang ada di kepulauan Riau (Kepri) dan telah memiliki cabang di masing-masing kabupaten/kota. Selain itu Paguyuban Pasundan ini di lantik langsung oleh Pengurus Besar, Profesor Dr Didi Pramuji.

Guna melestarikan budayanya, Paguyuban Pasundan juga membuka pelatihan seni dan budaya musik Pasundan setiap hari Minggu, mulai dari seni Tari Jaipongan, Arumba, Calung, Angklung, Degung dan sisingan. Mayor Arief menuturkan upaya ini kami lakukan untuk meningkatkan rasa persaudaraan sesama masyarakat suku sunda agar tetap solid.

Masih pada kesempatan yang sama, Teh Eni Maunica tokoh Perempuan Paguyuban Pasundan yang tergabung dalam Mojang Pasundan menambahkan, penyampaian dari Ketua Paguyuban.

“Harapan saya, mendukung penuh pelestarian budaya Pasundan Sunda di Provinsi Kepri. Mari kita bersama bergandeng tangan membantu melestarikan budaya asli Nusantara,” Tutup teteh Eni

Saat ini secretariat Paguyuban Pasundan Jawa Barat Kota Tanjungpinang  di jalan Raja Haji Fisabilillah Km.8 atas Komplek Ruko Pinang Mas Residence Blok.A No.42 Kota Tanjungpinang.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.