Puslitbang Polri Evaluasi Peralatan Dalmas Dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengaman Pemilu 2024 Di Polda Kepri

  • Share

PUAN KEPRI.COM, Batam – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri dalam rangka persiapan pengaman Pemilu 2024 di Polda Kepri. Senin (11/7/2022).

Kegiatan evaluasi dipimpin oleh Kapuslitbang Polri, Brigjen Pol. Iswyoto Agoeng Lesmana Dota, M.Si., (Tim Supervisi) bersama tim peniliti serta diikuti Karorena Polda Kepri, Karolog Polda Kepri dan Dirsamapta Polda Kepri.

Dalam sambutanya, Karorena Polda Kepri Kombes Pol. Budi Suryanto, M.Si., mengatakan peralatan ini sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi kegiatan unjuk rasa atau demonstrasi. Hari ini akan dilakukan penilaian dan pemeriksaan terkait dengan mutu peralatan yang ada saat ini masih layak atau tidak untuk kita gunakan dalam rangka kegiatan pengamanan pemilu tahun 2024.

Peralatan yang digelar dilakukan pengecekan oleh Kabid Rikwastu Kombes Pol. Harbin Raslin, SH. Untuk kesiapannya mudah-mudahan alat ini layak untuk digunakan, kalaupun mungkin sudah tidak optimal, harapannya nanti pada anggaran tahun 2023 bisa diusulkan oleh Karolog Polda Kepri. Ujar Karorena Polda Kepri.

Selanjutnya Ketua Peneliti Kombes Pol. Harvin Reslin, S.H., mengatakan kami sudah mengunjungi beberapa Polda di Indonesia untuk mengetahui dan melihat langsung bagaimana kondisi peralatan serta bagaimana anggota kita menggunakan peralatannya. Oleh karena itu sebelum kami berangkat ke seluruh jajaran Polda di Indonesia, kami belajar terlebih dahulu masalah peralatan di Korp Sabhara dan Korp Brimob.

Pada saat melakukan penegecekan, Tim Peneliti banyak menemukan barang-barang yang sudah tidak layak pakai, silahkan nanti dituangkan kedalam form ceklis yang sudah kami berikan. Tutur Ketua Peneliti Kombes Pol. Harvin Reslin, S.H.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan peralatan Dalmas dan ditemukan hasil sebagai berikut :
• Mobil AWC tidak berfungsi dengan baik (kendala pada bagian Aki/Pengapian);
• Helm kaca rusak (pecah) dan suku cadangnya tidak ada;
• Terdapat beberapa penurunan kulitas Gir tarik pada kendaraan dinas roda dua;
• Truk dalmas perlu peremajaan;
• Angkutan personel (Bus) perlu peremajaan.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Karolog Polda Kepri Kombes Pol. Jakub Prajogo, SIK, M.Si., memberikan saran agar helm yang digunakan oleh personel dalmas tahan terhadap api dan tahan es termasuk tameng Dalmas. Serta baju pelindung dalmas hendaknya tahan api.

Saya juga berharap peralatan dalmas memiliki gudang khusus untuk penyimpanan peralatan dalmas mengingat wilayah hukum Kepri sebagian besar adalah laut. Tutup Karolog Polda Kepri Kombes Pol. Jakub Prajogo, SIK, M.Si.
(Humas Polda Kepri/Ardi Oyong)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.