Pemkab Anambas Gelar STQH Ke VII, Ini Beberapa Cabang yang Dilombakan

  • Share

Anambas – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis atau STQH ke VII bertemakan aktualisasi nilai-nilai universal Al-Quran ditingkat Kabupaten Kepulauan Anambas sukses dilaksanakan di Kecamatan Siantan Selatan.

“STQH tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab akibat Covid-19, ada beberapa kegiatan tidak bisa dilaksanakan, yaitu pertandingan stand bazar dan pawai taaruf,” ucap Sahtiar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Ahad 21 Maret 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyeleksi para Qori dam Qoriah.

“Nantinya akan kita ikut sertakan pada STQH tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Batam,” ucap Sekda.

Untuk menjadikan masyarakat yang mencintai Al-Quran dengan tema aktualisasi nilai-nilai universal Al-Quran untuk pencerahan kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sahtiar menjelaskan, waktu pelaksanaan STQH dimulai pada 21 sampai 25 Maret 2021. Peserta seleksi tilawatil Quran ke VII tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas diikuti oleh 10 Kecamatan.

“Kecamatan Siantan mengikuti 10 peserta, Kecamatan Siantan Tengah 8 peserta, Kecamatan Siantan Timur 9 peserta, Kecamatan Siantan Selatan 16 peserta, Kecamatan Palmatak 10 peserta, Kecamatan Jemaja 8 peserta, Kecamatan Jamaja Timur 6 peserta, Kecamatan Siantan Utara 7 peserta, Kecamatan Kute Siantan 9 peserta dan Kecamatan Jemaja Barat 7 peserta,” katanya.

Sahtiar menyebut, dalam cabang perlombaan yang diikuti dari setiap Kecamatan yaitu, tilawatil Quran Anak – Anak putra dan putri 19 orang, tilawah dewasa putra dan putri 20 orang, itzil tilawah ta dan qi berjumlah 19 orang, itzil 5 jus tilawatil putra dan putri 11 orang, itzil 10 jus tilawah putra dan putri 6 orang.

Itzil 20 jus tilawah putra dan putri 2 orang, itzil 30 jus tilawah putra dan putri 2 orang, tafzir Al – Quran putra dan putri 2 orang, 100 hadis dengan sanat putra dan putri 11 orang, untuk 500 hadis tanpa sanat tidak ada yang mendaftarkan untuk mengikuti perlombaan.

Lokasi perlaksanan dilakukan di lapangan bola kaki di desa Air Bini Kecamatan Siantan Selatan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.