Pagelaran Kegiatan Unggulan DPD FPPI KEPRI “Khataman Al`quran”Sempena Memperingati Hari Ibu Ke-93 Tahun

  • Share

Oleh Marhamah Ridhawaty, SH. M.Pd
(Sekretaris DPD FPPI Provinsi Kepri)

Tanjungpinang, PuanKepri.com – Dewan Pimpinan Daerah Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Provinsi Kepri merupakan organisasi perempuan yang terus berbuat untuk kemajuan kaum perempuan dengan mengusung kegiatan Unggulan Khataman Alqur’an yang diadakan rutin setiap bulannya pada Minggu terahir. Pada kesempatan kali ini kegiatan Khataman Alqur’an diadakan pada Hari Sabtu, tanggal 25 Desember 2021. Kegiatan Khataman Alqur’an ini sudah berjalan 11 kali terhitung dimulai dari bulan Februari 2022. Kegiatan tersebut diadakan di Rumah Ibu Junerta bertempat di Jl. Garuda Perumahan Griya Lestari Blok B3 No. 16 Batu 8 Kelurahan Batu IX.
Pada kegiatan Khataman Alqur’an ke 11 kali ini, bersempena dengan Hari Ibu yang ke 93 Tahun, dihadiri oleh Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri Ibu Anis Anorita Zaini, didampingi Sekretaris Ibu Marhamah Ridhawaty, SH. M.Pd dan pengurus yang ikut aktif mengikuti pagelaran Khatam Al-Qur’an tersebut. Untuk tatacara pelaksanaan kegiatan ini adalah pengurus diwajibkan aktif hadir lebih kurang sebanyak 15 orang, dan sebelum pelaksanaan kegiatan khataman Alqur’an biasanya setiap orang telah diberikan Ayat 2 sampai 3 juzt yang harus dibaca di rumah, terhitung waktu 1 bulan harus selesai membaca ayat tersebut, hal ini merupakan bentuk tanggungjawab anggota pengurus demi terselenggaranya pelaksanaan kegiatan Khataman Alqur’an ini. Pada acara tersebut selain rangkaian Khataman Alqur’an bermaksud menunjukkan komitmen bersama antara pengurus, maka dalam pelaksanaanya dibuat Pulut Kuning Berkat, dan menariknya lagi setiap anggota pengurus yang hadir diwajibkan membawa 2 Tangkai Bunga Telur yang nantinya akan dimakan bersama-sama pada acara kegiatan Khataman Alqur’an yang dinilai Sakral dengan tujuan memperkuat ibadah dan mempererat silaturahmi bagi penyelenggaraannya setiap bulan. Selama ini sumber dana kegiatan Khataman Al-Qur’an tersebut merupakan Swadaya dari Pengurus DPD FPPI Provinsi Kepri.

Pada Kesempatan tersebut Ibu Anis menyampaikan “Kami FPPI mengajak ibu-ibu di Provinsi Kepri untuk ikut membiasakan diri membaca Alqur’an dan mempersiapkan anak-anak dalam keluarganya untuk terbiasa mengaji sebagai bentuk kecintaan kepada Allah SWT yang dimulai dari saat ini meskipun dalam keadaan sibuk tetap untuk membaca Alqur’an setiap hari, sebagai pedoman hidup agar jiwa kita menjadi tenang dalam ujian hidup” (Sabtu,25/12/2021). Bersempena dengan memperingati Hari Ibu ke 93 Tahun tersebut beliau menyampaikan “agar kaum perempuan di Provinsi Kepri terus maju menjadi perempuan yang Cerdas, Mandiri dan BerprestaI sehingga tercapainya Perempuan Maju, Provinsi Kepri Bejaya.
Selain kegiatan Khataman Alqur’an juga sekaligus pengurus DPD FPPI Provinsi Kepri memberikan bantuan Tali Asih untuk Anak Yatim, Yatim Piatu merupakan bagian dari program sedekah subuh setiap bulannya. Disampaikan pula oleh ibu Anis bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita sesama Pengurus, dan harapan beliau kedepannya Khataman Alqur’an sebagai program unggulan DPD FPPI Provinsi Kepri ini dapat diikuti semua DPC FPPI Kepri di tingkat Kabupaten/Kota di Tahun 2022 Mendatang. Disampaikan pula sebuah harapan dari Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri dan segenap pengurus yaitu program unggulan Khataman Alqur’an tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai kebijakan pemerintah Provinsi Kepri untuk merealisasikan Khataman Alqur’an ini kepada seluruh pegawai disetiap instansi pemerintah kedepannya. Di Tahun 2022 mendatang DPD FPPI Kepri rencananya akan membingkai lagi kegiatan dengan berbagai program positif dalam bentuk Mimbar Ilmu (Wadah Shearing DPD FPPI Kepri) dan kedepannya akan disusun oleh Ibu Marhamah Ridhawaty, SH. M.Pd sebagai tempat dengar pendapat dalam memcahkan problem Sholving yang sedang dihadapi kususnya pengurus dan umumnya kaum perempuan di Provinsi Kepulauan Riau.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.