MTQ Kepri ke-9 Dibuka, Pengibaran Bendera LPTQ Berlangsung Sukses

  • Share

ANAMBAS- Pengibaran bendera LPTQ yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-9 Tingkat Provinsi Kepri di Kepulauan Anambas berlangsung suskses, Kamis (14/7/2022).

Regu pengibar bendera dengan percaya diri menjalankan tugasnya di Arena Utama Masjid Agung Baitul Makmur.

Kepala Seksi Kepemudaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kepulauan Anambas, Afrizal mengungkapkan rasa lega dan bangga setelah melihat langsung anak binaannya sukses mengibarkan bendera LPTQ.

Sebagai pembina yang merupakan ujung tombak suksesnya kegiatan tersebut, Afrizal juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlihat dalam mempersiapkan regu yang diisi putra putri terbaik Anambas tersebut karena telah menyukseskan salah satu rangkaian pembukaan MTQ Kepri ke-9.

“Alhamdulillah anak-anak tim Paskibra berhasil dengan baik melaksanakan tugasnya. Sukses,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa 15 orang (plus 1 cadangan) pengibar bendera LPTQ merupakan purna paskibraka Indonesia (PPI) tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas. Sebelumnya mereka telah digembleng secara intensif selama 20 hari. Mereka dilatih sangat disiplin. Selain ditempa secara fisik dan mental, mereka juga dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan.

Menurut Afrizal, kesuksesan ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara Disdikpora dan PPI serta seluruh unsur yang terkait, utamanya pelatih dari unsur TNI/Polri.

Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad yang membuka MTQ menyampaikan pujian kepada tim pengibar bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) ini. Ia berterima kasih kepada pembina dan pelatih yang telah mempersiapkan mereka.

“Amanah yang diberikan kepada tim ini sangat mulia. Karena mengibarkan bendera LPQT  bukanlah tugas sederhana. Dengan semangat dan disiplin tinggi mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik,” katanya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris juga menyampaikan pujian serupa. “Pengibar bendera LPTQ adalah putra terbaik yang telah melalui berbagai proses sampai akhirnya berdiri di sini. Mereka memiliki fisik yang prima, mental yang kuat, moralitas yang baik, dan disiplin yang tinggi. Pertahankan,” kata Haris.

Menurutnya, mendapatkan kepercayaan untuk mengibarkan bendera LPTQ adalah suatu kebanggaan tersendiri. Diharakan hal tersebut menjadi bekal bagi anak-anak muda untuk terus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, sehingga menjadi contoh bagi masyarakat dan generasi muda lainnya.

Haris juga mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga karena Kabupaten yang dipimpinnya ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi tahun ini.

Afrizal menambahkan bahwa usai pembukaan, regu pengibar bendera LPTQ masih akan melaksanakan tugasnya, yakni penurunan bendera pada malam penutupan MTQ, 20 Juli 2022 nanti.

Hadir pada pembukaan MTQ ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari, ketua dewan hakim yang juga merupakan dewan hakim nasional/internasional Prof. Dr. K.H. Said Agil Al Munawwar, Ketua DRPD Kepri beserta anggota, Forkopimda Provinsi Kepri, Bupati/Wali kota se- Provinsi Kepri, Ketua LPTQ Provinsi Kepri dan Ketua LPTQ Kabupaten/Kota, Kakanwil Kemenag Kepri dan Kakankemenag Kab/Kota, Ketua MUI Kepri, Ketua BAZNAS Kepri, dan Danrem 033 Wira Pratama dan lainnya. (YS)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.