Launching Bank Sampah, Tiga Desa Siap Diresmikan

  • Share

Anambas, PuanKepri.com – Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas rutin melakukan sosialisasi ke desa-desa terkait penggunaan bank sampah, Sabtu (15/05)

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Ekodesi mengatakan, sosialisai ini telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12/05/2021 lalu.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi akan pentingnya kesadaran dalam menjaga kebersihan terutama dari sampah limbah industri rumah tangga.

“Kita rutin sosialisasi ke masyarakat desa-desa agar semakin sadar pentingnya hidup bersih. kita juga sampaikan kepada masyarakat agar ada bank sampah disetiap desa,” ujarnya

Ekodesi menjelaskan, dimana bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.

Kemudian hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah, akan dilihat kembali mana yang memiliki nilai ekonomis dan mana yang tidak memiliki nilai sama sekali.

“Dengan adanya bank sampah maka disana akan disortir mana sampah yang berguna dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dapat di daur ulang,” ungkapnya

“Sementara sampah  yang tidak memiliki nilai ekonomis akan dibawa ke tempat pengepul sampah,” tambahnya

Ekodesi menyampaikan, saat ini pola pikir masyarakat mengenai pemanfaatan sampah masih sangat rendah, padahal masih banyak kemasan produk yang bisa dipergunakan kembali namun terbuang dengan sia-sia.

Menurutnya, penyelesaian masalah sampah tidak bisa jika hanya mengandalkan petugas kebersihan saja, ini tanggungjawab seluruh masyarakat yang ada.

Nanti pihaknya berencana akan meresmikan tiga desa yang telah memulai menggunakan bank sampah.

“Habis lebaran kita launching bank sampah minimal 3 Desa. Nanti akan kita lanjutkan secara bertahap kedesa lain,” tutupnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.