Jalankan Arahan Pusat, PAC Muslimat Tanjung Pinang Timur Langsung Bergerak Bagikan Vitamin dan Makanan Bergizi Ibu Hamil.
*Gerakan Anti Stunting Dini dalam Pecahkan Rekor Muri

  • Share

Tanjungpinang – Terlaksananya kegiatan Pengurus Anak Cabang (PAC) Tanjung Pinang Timur Langsung Bergerak Bagikan Vitamin dan Makanan Bergizi Ibu Hamil pada Jumat (28/10/22) di Sekretariat Pengurus Cabang (PC) NU Kota Tanjungpinang Ruko no 6 Bintan Center, Kota Tanjungpinang, Propinsi Kepulauan Riau.

Persoalan Stunting menjadi sangat serius diperhatikan Pemerintah Indonesia, Pasca covid 19, masalah kesehatan terbanyak saat ini adalah Stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis disebabkan pasokan gizi, kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya anak.

Acara yang tampak meriah, dan penuh semangat anggota dan pengurus PAC Muslimat NU Kota Tanjungpinang sedari pagi menyiapkan bingkisan dan mengemas tampilan makan sehat bergizi tinggi bagi ibu hamil. Acara yang disejalankan dengan Peringatan Mauludur Rasullulah 1444 Hijriah ini semakin meriah ketika lantunan ayat suci, barjanzi serta iringan hadroh anak-anak.

”Kegiatan ini adalah bukti komitmen pusat yang telah menyatakan kesiapan untuk membantu pemerintah memerangi stunting di daerah masing – masing, maka kami PAC Tanjungpinang Timur menyambut kegiatan yang tepat sasaran. Bentuk intervensinya kita langsung mengumpulkan data dalam waktu singkat membantu ibu-ibu hamil diwilayah kecamatan Timur untuk mengajak mereka hadir hari ini selain mauludan yang penuh dengan doa dan sholawatan, kita juga bagikan vitamin mengandung zat besi dan tambah darah juga makanan bernutrisi tinggi, alhamdullilah donatur membantu,”Ungkap Devi Yanti Nur, SP selaku ketua panitia acara menyampaikan hal ini dalam sambutannya.

Kemudian Devi juga menyebutkan tentunya sebagai umat muslim kita selalu bercermin Al-quran QS,Annisa ayat 9 mengingatkan ”Takutlah kepada Allah, orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturuan yang lemah dibelakang mereka dan mereka khawatir terhadap kesejahteraannya. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang lemah lembut,”

Ketua PAC Muslimat NU kota tanjung pinang Elly Darni

Di kesempatan yang sama, Ketua PAC Muslimat NU Kota Tanjungpinang Elly Darni menguraikan bahwa aksi gotong royong dan kerjasama sukarela ini masih tercermin kental dalam diri anggotanya. Mereka ikhlas menyisihkan sebagian penghasilan untuk sekedar berbagi begitu juga kaum perempuan organisasi lainnya.

”Karena pelibatan masyarakat dalam pencegahan stunting dini memang harus mengakar kemasyarakat, luar biasa hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan meski dalam waktu singkat. kekompakan kaum ibu untuk hal ini luarbiasa terutama anggota Muslimat dan Pengurus, serta rekan rekan yang tergabung di PUSPA Gurindam Kota Tanjungpinang, aksi cepat tanggapnya patut diapresiasi,” ujar Elly.

Elly merincikan jumlah paketan makanan sehat berupa nasi berkat, serta jus jambu. Paketan juga berisi Roti Ibu Hamil, Vitamin Tambah Darah, Biskuit, oatmeal bahkan kita juga memberi masker dan handsanitizer dalam paketan.

”Ada sekitar 60 paketan, yang berhasil dikumpulkan dari donatur antara lain, Puspa Kota Gurindam 30 paket makan sehat dan bantuan paket nutrisi 20 paket dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat (PD3AM) Propinsi Kepulauan Riau, 10 Paket Ketua Nahdatul Ulama serta Donatur Vitamin dari Pihak Kecamatan Tanjungpinang Timur,” urai Elly lagi.

Adapun sasaran untuk penerima paket adalah ibu hamil pra sejahtera dilingkungan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

”Ada berkah ibu-ibu sekalian, selain paketan kita juga melantunkan ayat suci serta sholawatan bersama dan penuh doa agar semua bisa sehat, sukses melahirkan, ibu dan anak semua sehat dan mendapatkan berkah dari Allah sehingga tidak menjadi anak stunting,” katanya.

Elly Darni juga mengatakan Kegiatan ini adalah awal dari Rangkaian kegiatan Pencegahan stunting dini lainnya, seperti pengecekan dan nasehat pra nikah, pengecekan tumbuh kembang anak balita, batita dan new born. Masa Pertumbuhan emas anak dimasa awal kelahiran hingga 2 tahun usianya penting diperhatikan.

”Saya selaku ketua PAC Muslimat Nu Kecamatan Tanjungpinang Timur, tak hentinya mengucapkan terimakasih atas segala perhatian dan donatur yang luarbiasa, semoga menjadi ladang amal, alhamdullilah,”katanya

Ustad Fadholi melalui uraian singkatnya saat itu menjelaskan bahwa Kekuasaan ALLAH SWT, lebih besar dari segalanya didunia ini. Ketika Hamil maka perbanyaklah doa dan sholawatan. Ia pun mengingatkan bahwa Stunting adalah issue nasional yang kita juga wajib waspadai dan antisipasi.

Menurut Iwa Susanti, SH Ketua Puspa Gurindam Kota Tanjungpinang, bahwa persoalan apapun dinegri ini, memang perlu kekompakan. Karena apapun bentuknya isue stunting isu kesehatan yang sangat pasti ibu dan anak menjadi fokus utama.

”Maka kami sepakat, ayo kita bergandeng tangan bersama, selain mencari ibadah, kita juga menjadi berdaya guna membantu sesama, kalau bisa kegiatan selanjutnya semua ethnis dan golongan diikutkan, seperti teman kita, saudara kita yang minoritas termasuk ethnis Tionghoa.

Acara ditutup dengan penyerahan bingkisan serta foto bersama. Tampak Hadir juga dari Kecamatan Tanjungpinang Timur, serta beberapa rekan nakes setempat. (Mc.fatu)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.