Ilfa Nora: Srikandi Aset Bangsa yang Komit Perjuangkan Perempuan

  • Share
Ilfa Nora (tiga dari kanan) bersama Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasil se-Provinsi Kepri.

Batam- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Srikandi Pemuda Pancasila Kota Tanjungpinang, Ilfa Nora berharap Musyawarah Wilayah II DPW Srikandi Provinsi Kepri dapat dijadikan momentum membangkitkan kepemimpinan perempuan di daerah.

Sejatinya, menurut dia, Srikandi Pemuda Pancasila bukan sekadar milik anggotanya. Tapi lebih dari itu. Srikandi merupakan aset bangsa yang komit terhadap masalah perempuan, utamanya kepemimpinan.

Musyawarah Wilayah II yang disejalankan dengan rapat kerja dilaksanakan Jumat dan Sabtu, 18-19 Maret 2022, di Hotel ZIA Sei Panas, Kota Batam.

Menurut Ilfa, kemudahan mengakses pendidikan dan pelatihan terkait kepemimpinan juga manajemen merupakan salah satu kunci perempuan bisa semakin meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya.

Adapun kepemimpinan dan manajemen merupakan dua hal yang mutlak harus dikuasai perempuan jaman kini. Untuk meningkatkan wawasan, sikap, kemampuan mengemukakan pendapat dan komunikasi.

“Karena perempuan sekarang ini berpeluang besar. Salah satunya dalam hal kepemimpinan,” katanya.

Termasuk kepemimpinan dalam politik. Kaum hawa wajib ambil bagian semaksimal mungkin.

Bagi Ilfa, sangat penting perempuan memahami politik kendati secara umum. Sehingga saat Pemilu diadakan, perempuan dapat berpartisipasi secara aktif dengan menjadi calon legislatif maupun eksekutif.

“Atau setidaknya menjadi pemilih yang cermat,” ujarnya.

Ilfa yang juga politisi Partai Demokrat ini menilai rendahnya keterwakilan perempuan dalam politik berpengaruh terhadap kebijakan terkait kesetaraan gender.

Pentingnya peningkatan partisipasi perempuan, menurutnya, supaya pengambilan keputusan politik lebih akomodatif dan substansial.

Juga demi menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan pro perempuan dan anak di ruang publik.

Kendati yang disampaikan Ilfa bukan tema Musyawarah Wilayah, tapi dalam berbagai kesempatan Ketua Angkatan Muda Penggerak Partai Demokrat Provinsi Kepri ini memang terus mengajak kaum perempuan untuk maju, menjadi sosok yang mandiri, kreatif dan percaya diri.

“Karena itu juga poin penting dalam program partai dan Srikandi Pemuda Pancasila. Memperjuangan kaum perempuan agar lebih banyak aktif dan terlibat dalam banyak bidang,” katanya.

Beragam upaya organisasinya memang telah terlihat sekarang ini. Program peningkatan akses ekonomi dan bebas dari kekerasan terus digalakkan. Begitupula program peningkatan ketahanan untuk mewujudkan keluarga tangguh.

“Intinya, perempuan agar berperan dalam banyak hal harus terus diperjuangkan. Demi hidup perempuan yang lebih baik,” tutur Ilfa.

Salah satu agenda Musyawarah Wilayah II adalah penyerahan Surat Keputusan (SK) dan hasil konsolidasi dari struktural UK dan KUK.

Ilfa Nora hadir bersama seluruh Ketua DPC Srikandi se-Provinsi Kepri. (YS)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.