Hasil Rekapitulasi Suara KPU Karimun Nyatakan Petahana Unggul

  • Share

Paslon nomor urut 01, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim, ditetapkan unggul dalam penetapan perolehan suara calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada Pilkada Karimun 2020

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Karimun, Rabu (16/12) malam, kandidat petahana tersebut memperoleh sebanyak 54.519 suara.

Sedangkan, pasangan nomor urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar (bersinar) mendapat 54.433 suara. Dengan begitu, perbedaan suara antar keduanya hanya 86 suara.

“Hasilnya hanya selisih 86 suara, ini penetapan perolehan suara yang paling besar lah gitu, nanti kan proses selanjutnya masih ada,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko.

Meski begitu, kata Eko, saksi dari pasangan calon nomor urut 02 enggan menandatangani hasil rekapitulasi perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun 2020 yang telah dilakukan.

“Dari nomor 2 ada (sanggahan), tandatangan. Alasannya hasil ada yang beda,” kata dia.

Eko mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Menurutnya, regulasi tetap akan memberikan ruang apabila ada keberatan terhadap hasil perhitungan suara.

“Kalau pihak masih ada yang keberatan masih ada ruang, celah selama 3 kali 24 jam untuk mengajukan keberatan. Tentunya di mana, ya di Mahkamah Konstitusi (MK) kan seperti itu,” ungkapnya.

Rivalitas antar dua pasangan calon tersebut selama pelaksanaan pemilu tahun ini memang begitu kentara. Itu dapat dilihat pada saat usai pencoblosan 9 Desember 2020 lalu.

Masing-masing kandidat saling menyatakan kemenangannya pada Pilkada Karimun 2020. Paslon 02 menyatakan unggul dari pasangan petahana dengan perbandingan hingga 1.332 suara.

Sebaliknya, kandidat petahana yang mengusung jargon ARAH juga justru mengklaim kemenangannya dengan meraup suara secara persentase sebesar 50,08 persen dengan jumlah suara mencapai 55.456 dari total suara sah yakni sebanyak 109.116.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.