DPC FPPI Kota Tanjungpinang Terbentuk, Begini Pesan Anis Anorita Zaini

  • Share

TANJUNGPINANG- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Provinsi Kepri, menggelar musyawarah daerah pembentukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FPPI Kota Tanjungpinang, Sabtu, 23 Juli 2022.

Acara berlangsung di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3A-PM) Kota Tanjungpinang, Jalan Ahmad Yani.

Musyawarah yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.00 Wib ini dihadari berbagai elemen dari 18 kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Juga perwakilan ibu-ibu dari berbagai profesi, antara lain guru, tenaga kesehatan, dan pengacara.

Sekretaris DPD FPPI Provinsi Kepri, Marhamah Ridhawaty, SH. MPd menjelaskan tujuan dibentuknya pengurus cabang sebagai bentuk komitmen FPPI dalam memperjuangan pemberdayaan perempuan dan anak di semua daerah. Dengan dibentuknya pengurus cabang Tanjungpinang, semua program organisasi pastinya lebih mudah didelegasikan.

Selain itu, menurut Marhamah, pembentukan DPC juga sebagai bentuk kesepahaman akan pentingnya hak berbagai elemen yang ada di Tanjungpinang dalam berpartisipasi terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan gender. Dengan terus mendorong keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang serta mengikis ketimpangan gender.

Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri, Anis Anorita Zaini dalam sambutannya saat membuka musyawarah menilai kaum perempuan hingga kini masih terdiskriminasi karena perbedaan gender. Maka, untuk menjamin perempuan dapat partisipasi penuh dan efektif dalam berbagai bidang, salah satunya dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perempuan.

“Termasuk kesempatan untuk memimpin di semua tingkat pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi, dan masyarakat,” tutur Anis.

Dijelaskan bahwa secara umum kerja FPPI konsern membantu kaum perempuan dan anak yang masih tertinggal, baik dari segi pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan.

“Sekarang ini masih banyak kaum perempuan dan anak yang memerlukan perhatian kita. Utamanya dalam bidang pemberdayaan. Semua unsur harus mengambil peran, khususnya organisasi perempuan, salah satunya FPPI,” katanya.

Pemberdayaan perempuan, menurut Anis, sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran perempuan terhadap kesetaraan gender. Agar mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Sehingga perempuan dapat mandiri dan berpartisipasi dalam segala aspek kehidupan termasuk pembangunan nasional. Sungguh, perempuan punya peran luar biasa!

“Tidak hanya sebagai ibu rumah tangga tapi juga punya peran strategis di dalam keluarga, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Dengan terbentuknya kepengurusan DPC FPPI Kota Tanjungpinang, menurut Anis, pengurus dan organisasi diminta mampu menjadi salah satu media dan fondasi yang kuat bagi pemerintah. DPC diharapkan terus bersinergi dengan pemerintah kota khususnya dalam upaya pemberdayaan dan membangun kaum perempuan.

“Melahirkan inovasi untuk mendorong laju pembangunan serta memperkuat ketahanan keluarga,” ucap Anis.

Adapun salah satu agenda yang dibahas dalam musyawarah pembentukan DPC, antara lain fungsi dan tugas dewan pengurus cabang, pemilihan ketua beserta pengurus serta penyusunan struktur organisasi.

Bertindak sebagai pimpinan dalam pemilihan yaitu Anis Anorita Zaini sebagai ketua rapat, penasehat Darmawati A. Ma, narasumber Devita Nasution S.Pd., Sekretaris Marhamah Ridhawaty, SH. M.Pd, notulen Ernida Sulastri, dan Hj. Irsastri, S.Pd.

Pembentukan pengurus DPC FPPI Kota Tanjungpinang untuk periode 2022-2027 berjalan tertib. Dan hasil keputusan musyawarah menetapkan Raja Syafrida terpilih sebagai Ketua DPC FPPI Kota Tanjungpinang, Wakil Ketua Nora Susanti, Sekretaris Sri Widayanti, dan Rubiati terpilih sebagai bendahara

Pembentukan DPC dinyatakan sah dengan penandatangan berita acara yang diserahkan langsung Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri kepada ketua terpilih disaksikan oleh pengurus yang hadir sebanyak 21 orang.

Dengan terbentuknya DPC FPPI Kota Tanjungpinang ini, Anis mengharapkan ketua terpilih bersama pengurus dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

Ia minta ketua beserta pengurus segera menyusun program kegiatan untuk mengembangkan organisasi FPPI di wilayah kerjanya dengan tetap berkoordinasi dengan dewan pimpinan daerah.

“Tak lupa saya ucapkan selamat dan sukses kepada ketua, wakil ketua dan seluruh pengurus DPC FPPI Kota Tanjungpinang. Semoga dengan terpilihnya kepengurusan ini, akan dapat membantu kaum perempuan meningkatkan kesejahteraannya dengan mendorong mereka lebih berdayaguna,” tuturnya.

Penulis: Marhamah Ridhawaty, SH. MPd, Sekretaris DPD FPPI Kepri

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.